Sunday, November 4, 2012

Bercinta Minimal 2 Kali Seminggu Memperkuat Jantung Pria

Bagi kaum pria, tak perlu waktu lama untuk dapat bercinta dengan pasangan. Bercinta sesering mungkin pun tak jadi masalah asal kondisi badan sedang fit. Selain menyenangkan, bercinta ternyata juga memiliki manfaat kesehatan. Pria yang rutin bercinta 2 kali seminggu jantungnya akan semakin kuat.

Menurut sebuah penelitan yang dimuat American Journal of Cardiology, pria yang bercinta secara teratur akan berkurang risikonya terserang penyakit jantung berbahaya hingga 45 persen daripada pria yang bercinta sekali sebulan atau lebih jarang. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil analisis terhadap 1.000 orang pria lebih.

Para ilmuwan di New England Research Institute di Massachusetts menghabiskan waktu 16 tahun melacak aktivitas seksual pria berusia 40 - 70 tahun. Secara berkala, setiap peserta ditanya mengenai seberapa seringkah ia berhubungan seks dengan pasangan. Para peserta juga diperiksa kondisinya untuk mengecek tanda-tanda dan faktor risiko penyakit jantung seperti usia, berat badan, tekanan darah dan kadar kolesterol.

Hasilnya, pria yang lebih rutin bercinta lebih rendah kemungkinannya terserang penyakit jantung. Oleh karena itu, para peneliti menyerukan kepada para dokter untuk memeriksa aktivitas seksual pria sebelum menilai risiko penyakit jantung.

"Manfaat bercinta bisa disebabkan oleh efek yang bersifat fisik maupun emosional pada tubuh. Pria yang sering memiliki keinginan melakukan aktivitas seksual dan mampu menunaikannya cenderung lebih sehat," kata para ilmuwan seperti dilansir Daily Mail, Selasa (14/8/2012).

Menurut peneliti, seks memiliki komponen aktivitas fisik yang secara langsung bisa berfungsi melindungi jantung. Selain itu, pria yang rutin berhubungan seks dengan pasangan cenderung memiliki hubungan yang sehat. Hal ini dapat mengurangi stres dan memberikan dukungan sosial.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan ilmuwan dari National Cancer Institute di AS menunjukkan bahwa pria yang melakukan ejakulasi lewat seks atau masturbasi sebanyak 5 kali dalam seminggu lebih kecil risikonya terserang kanker prostat.

Tak hanya itu, para ilmuwan di Wilkes University, Pennsylvania menemukan bahwa berhubungan seks sekali atau dua kali dalam seminggu selama musim dingin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan terserang pilek dan flu.

Berhubungan seks meningkatkan kadar bahan kimia immunoglobulin A6 yang dapat mengikat organisme berbahaya yang menyerang tubuh serta mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan organisme tersebut.

Sedangkan pada wanita, para peneliti di Kanada Calgary University menemukan bahwa bercinta secara rutin dapat meningkatkan indera penciuman dengan memicu pelepasan hormon prolaktin, hormon yang berperan dalam perkembangan payudara selama kehamilan dan menyusui. Mekanisme ini diduga membantu memperkuat ikatan antara ibu dengan bayinya.

http://health.detik.com

cholesterol, vldl cholesterol, cholesterol in eggs, eggs cholesterol, serum cholesterol, cholesterol definition, normal cholesterol level